Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik Dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat
Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Mendidik Dan Membentuk Karakter Santri Yang Siap Mengabdi Kepada Masyarakat
|
|
Creator |
Kurniati, Mia
Surur, Miftahus Rasyidi, Ahmad Hafas |
|
Description |
Boarding school is an Islamic institution that has a noble goal, that is to educate the community in which is called santri, so that it becomes a human being beneficial to himself more for the outside community. To be a students who hope to be able to be useful in the midst of society, for that institution of boarding schools create a variety of programs and education either in the form of character education and formal education in order to adapt themselves With the demands of the epoch but still on the line of provisions taught his religion that is Islam. In a boarding school certainly has leaders who lead the entire students therein, as the caretaker as well as the main leader of boarding school is a major role in realizing the vision and mission of boarding schools, because only the top The entire activity will run.The method used in this study is a qualitative method in which the source of results is obtained from interviews with predetermined sources. The results of the study prove that the role of the kyai is very urgent for the life of the boarding school community in it,because the kyai is the leader of the boarding school. In realizing a common goal in educating and shaping the character of santri as needed in the midst of society, of course there are several obstacles. However, this is still a reasonable limit and is handled jointly by the kyai together with the administrators of the Salafiyah Dawuhan Islamic boarding school.
Pondok pesantren merupakan lembaga islam yang memiliki tujuan yang mulia, yakni mendidik masyarakat di dalamnya yang mana disini disebut santri, agar menjadi insan yang bermanfaat bagi dirinya lebih-lebih bagi masyarakat luar. Untuk menjadi santri yang diharap kelak akan mampu berguna ditengah-tengah masyarakat, untuk itu lembaga pondok pesantren menciptakan berbagai macam program dan pendidikan baik berupa pendidikan karakter maupun pendidikan formal agar dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan jaman namun tetap pada garis ketentuan yang diajarkan agamanya yaitu agama islam. Dalam sebuah pondok pesantren tentu memiliki pemimpin yang memimpin seluruh santri didalamnya, kyai sebagai pengasuh sekaligus pemimpin utama pondok pesantren merupakan peran utama dalam mewujudkan visi dan misi pondok pesantren, karena hanya atas intruksinyalah seluruh kegiatan akan berjalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif yang mana sumber hasil didapat dari hasil wawancara ke narasumber yang sudah ditentukan. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya peran kyai begituĀ sangat urgen bagi kehidupan masyarakat pondok pesantren didalamnya, karena kyai merupakan pemimpin pesantren. Di dalam mewujudkan sebuah tujuan bersama dalam mendidik dan membentuk karakter santri sesuai yang dibutuhkan ditengah masyarakat, tentu terdapat beberapa hambatan-hambatan. Namun hal demikian masih merupakan batas wajar dan ditangani bersama oleh kyai bersama para pengurus pondok pesantren Salafiyah Dawuhan. |
|
Publisher |
LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Wali Songo Situbondo
|
|
Date |
2019-10-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/80
10.35132/albayan.v2i2.80 |
|
Source |
Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist; Vol 2 No 2 (2019): Juni; 194-203
Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Hadist; Vol 2 No 2 (2019): Juni; 194-203 2615-2568 2621-3699 10.35132/albayan.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/80/44
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Miftahus Surur, Mia Kurniati
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|