THE EFFECTIVENESS OF PAIR WORK AND GROUP WORK ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN GIVING WRITING TASK
JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
THE EFFECTIVENESS OF PAIR WORK AND GROUP WORK ON STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN GIVING WRITING TASK
|
|
Creator |
Al Halim, M. Labib
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan skor rata-rata dalam pemberian tugas writing deskriptif teks antara siswa yang bekerja secara individu, berpasangan, dan yang kerja secara grup atau kelompok pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Lamongan yang terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama sebagai kontrol grup (individu), kelompok kedua dan ketiga sebagai eksperimen grup (berpasangan dan kerja kelompok). Perlakuan dari penelitian ini adalah sepanjang delapan kali pertemuan. Semua kelompok diberi perlakuan yang sama. Secara rinci, masing-masing kelompok diberi strategi yang sama. Mereka diajar oleh guru yang sama, materi yang sama dan alokasi waktu yang sama. Setelah mendapat perlakuan sebanyak 8 kali pertemuan, semua kelompok kemudian diberi posttest berupa menulis teks deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA satu arah (One way ANOVA) dan Post Hoc Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam skor rata-rata antara siswa yang mengerjakan tugas secara individu dan kerja kelompok, begitu juga antara siswa yang mengerjakan tugas secara berpasangan dan kerja kelompok.Keyword: Menulis, Kerja Kelompok
|
|
Publisher |
Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-09-16
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/181
10.33754/jalie.v2i2.181 |
|
Source |
JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education; Vol 2, No 2 (2018): SEPTEMBER; 225-253
JP : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 2, No 2 (2018): SEPTEMBER; 225-253 2549-8622 2549-7804 10.33754/jalie.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/181/149
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|