Record Details

KURIKULUM DALAM PERSPEKTIF MAZHAB BEHAVIORISME

MIYAH : Jurnal Studi Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KURIKULUM DALAM PERSPEKTIF MAZHAB BEHAVIORISME
 
Creator Sodikin, Ali
 
Description Abstrak : Kurikulum merupakan bagian dari sistem pendidikan yang tidak bisa dipisahkan dengan komponen sistem lainnya. Tanpa Kurikulum suatu sistem pendidikan tidak dapat dikatakan sebagai sistem pendidikan yang sempurna. Ia merupan ruh (spirit) yang menjadi gerak dinamik suatu sistem pendidikan, Ia juga merupakan sebuah idea vital yang menjadi landasan bagi terselenggaranya pendidikan yang baik. Dalam kedudukannya yang strategis, kurikulum memiliki fungsi holistik dalam dunia pendidikan; Ia memiliki peran dan fungsi sebagai wahana dan media konservasi, internalisasi, kristalisasi dan transformasi ilmu penge-tahuan, teknologi, seni dan nilai-nilai kehidupan ummat manusia. Sebagai wahana dan media konservasi, kurikulum memiliki konstribusi besar dan strategis bagi pewarisan amanat ilmu pengetahuan yang diajarkan Allah SWT melalui para nabi dan rosul, para filosof, para cendikiawan, ulama, akademisi dan para guru, secara turun temurun, inter dan antar generasi melalui pengembangan potensi kognetif, afektif dan psikomotorik para muridnya. Sehingga ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan dalam kerangka menciptakan situasi kondusif, dinamis dan kostruktif tatanan dunia ini berlangsung secara kontinum.Kata kunci: Kurikulum, Mazhab Behaviorisme
 
Publisher Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
 
Contributor
 
Date 2019-08-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/193
 
Source MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 15, No 2 (2019); 349-372
2540-7732
1907-3453
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/193/159
10.33754/miyah.v15i2.193.g159
 
Rights Copyright (c) 2019 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0