Metode Pendidikan Moral Menurut Hasan Al Banna
MIYAH : Jurnal Studi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Metode Pendidikan Moral Menurut Hasan Al Banna
|
|
Creator |
Muizzuddin, Muhammad
|
|
Description |
Hasan Al-Banna adalah tokoh pembaharu islam kelahiran Mesir. Beliau menampakkan diri sebagai seorang tokoh yang menjadikan Islam sebagai orientasi pemikirannya, termasuk didalamnya adalah pemikiran kependidikan. Oleh karena itu tujuan pendidikan menurutnya adalah untuk mewujudkan identitas Islam yang diformulasikan dalam konsep “Ar-Rijal Al-Muslim” yaitu pribadi yang tidak hanya sholeh dalam ritualnya, tetapi juga peka terhadap kondisi sosial. Sejalan dengan itu Hasan Al-Banna menekankan pada pengembangan aspek-aspek pokok manusia yang meliputi aspek akal, jasmani, akhlaq, sosial, jihad dan politik yang berasaskan pada pemahaman Islam kaffah yang kemudian diterapkan pula dalam metode-metode pendidikannya.
|
|
Publisher |
Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-02-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/8
|
|
Source |
MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 11, No 1 (2015); 100-112
2540-7732 1907-3453 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/8/8
10.33754/miyah.v11i1.8.g8 |
|
Rights |
Copyright (c) 2017 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|