Record Details

Metode Pendidikan Moral Menurut Hasan Al Banna

MIYAH : Jurnal Studi Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Metode Pendidikan Moral Menurut Hasan Al Banna
 
Creator Muizzuddin, Muhammad
 
Description Hasan Al-Banna adalah tokoh pembaharu islam kelahiran Mesir. Beliau menampakkan diri sebagai seorang tokoh yang menjadikan Islam sebagai orientasi pemikirannya, termasuk didalamnya adalah pemikiran kependidikan. Oleh karena itu tujuan pendidikan menurutnya adalah untuk mewujudkan identitas Islam yang diformulasikan dalam konsep “Ar-Rijal Al-Muslim” yaitu pribadi yang tidak hanya sholeh dalam ritualnya, tetapi juga peka terhadap kondisi sosial. Sejalan dengan itu Hasan Al-Banna menekankan pada pengembangan aspek-aspek pokok manusia yang meliputi aspek akal, jasmani, akhlaq, sosial, jihad dan politik yang berasaskan pada pemahaman Islam kaffah  yang kemudian diterapkan pula dalam metode-metode pendidikannya.
 
Publisher Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
 
Contributor
 
Date 2017-02-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/8
 
Source MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 11, No 1 (2015); 100-112
2540-7732
1907-3453
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/8/8
10.33754/miyah.v11i1.8.g8
 
Rights Copyright (c) 2017 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0