Record Details

Tinjauan Filosofis Tentang Pendidikan “Analisa Terhadap Pendidik dalam Pendidikan Islam”

MIYAH : Jurnal Studi Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tinjauan Filosofis Tentang Pendidikan “Analisa Terhadap Pendidik dalam Pendidikan Islam”
 
Creator Anam, Saeful
 
Description Landasan Islam tentang pendidik sebagai contoh kecil dalam (QS.2:31),  (QS.17:24),  (QS.4:58),  (QS.9:122) sudah cukup menjadi bukti kongrit mengenai pentingnya sebuah teladan, tidak berhenti secara teks suci saja akan tetapi berlanjut pada banyaknya literatur ataupun penelitian yang mengupas tentang hal yang sama baik pada masa Islam klasik ataupun Islam modernis sekarang ini, ironisnya deretan kejadianpun masih ada, tawuran, kejahatan, pergaulan bebas (free sex) yang tiada kontrol dan lain-lain. Jika hal semacam ini masih berlanjut mau dibawa kemana bangsa ini terlebih dunia Islam yang diturunkan sebagai rahmatalil’alami>n dan juga untuk menyempurnakan akhlak. Analisa penting atas kejadian-kejadian tersebut ialah karena makna pendidik masih dipercayai kepada seorang yang ada dalam kelas, jadi pemaknaan ini sudah barang tentu menjadikan kejadian yang sama akan terulang kembali, oleh sebab itu perlu ditegaskan kembali bahwa pendidik bukanlah sekedar benda hidup yang berada dalam kelas melainkan lebih dari itu, karena esensi pendidik ialah orang yang membimbing anak menuju kedewasaan, dalam kaitannya ini ialah Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, orang tua, guru dan orang lain (masyarakat).
 
Publisher Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
 
Contributor
 
Date 2017-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/26
 
Source MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 12, No 1 (2016); 1-18
2540-7732
1907-3453
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/26/26
10.33754/miyah.v12i1.26.g26
 
Rights Copyright (c) 2017 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0