Record Details

URGENSI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PENDIDIKAN DASAR

MIYAH : Jurnal Studi Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title URGENSI LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PENDIDIKAN DASAR
 
Creator Asyhad, M.
Handono, Wahyu Agung
 
Description Artikel ini membahasa tentang urgensi literasi Keuangan Syariah pada Pendidikan Dasar, dimana sejauh ini dapat diketahui bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia pada tahun 2016 sebesar 8,11 persen, lalu indeks inklusi keuangan syariah 11,06 persen. Hal itu menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat terhadap layanan dan produk keuangan syariah masih rendah. Dengan tingkat literasi rendah tersebut maka pangsa pasar perbankan syariah mencapai angka 5,12 persen dan itu masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan pangsa pasar perbankan konvensional. Agar dapat meningkatkan literasi keuangan, maka diperlukan adanya edukasi keuangan yang baik. Hogarth dkk. (2003) dalam Ekonomi Pembangunan Syariah mengatakan bahwa proses edukasi keuangan dianggap metode paling efektif untuk meningkatkan literasi keuangan terhadap masyarakat. Oleh karena itu, artikel penelitian ini membahas tentang, literasi keuangan syariah pada pendidikan dasar, beberapa faktor yang menjadi tantangan dalam literasi keuangan syariah pada pendidikan dasar serta urgensi literasi keuangan syariah pada pendidikan dasar.Kata Kunci: Literasi Syari’ah, Pendidikan Dasar
 
Publisher Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
 
Contributor
 
Date 2019-01-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/124
 
Source MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 13, No 01 (2017); 126-143
2540-7732
1907-3453
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/124/94
10.33754/miyah.v13i01.124.g94
 
Rights Copyright (c) 2018 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0