Countextual Learning “Catatan Terhadap Pembelajaran Agama Yang Memahamkan”
MIYAH : Jurnal Studi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Countextual Learning “Catatan Terhadap Pembelajaran Agama Yang Memahamkan”
|
|
Creator |
Anam, Saeful
|
|
Description |
Salah satu poin penting dalam sebuah pembelajaran tidak lain ialah bagaimana bisa mengenalkan pembelajaran yang memahamkan peserta didik sekaligus menarik?, baik dalam isi materi ataupun pembawaannya. Karena pembelajaran yang sulit dicerna oleh peserta didik ialah pembelajaran yang monoton yang tidak bisa mengindahkan sebuah media dan atau teknik pembelajaran, oleh karenanya pada pembelajaran kontekstual yang ditekannkan ialah siswa bisa memahami materi dengan cara mengaitkan kehidupan nyata. Sebagai catatan bahwa PBM (Proses Belajar Mengajar) dikatakan menerapkan pembelajaran kontekstual dengan melaksanakan beberapa langkah diantaranya ialah Konstruktivisme, Bertanya, Inkuiri, Masyarakat belajar, Modelling, Refleksi, dan Penilaian nyata. Dengan ketujuh langkah tersebut pendidik bisa memberikan pembelajaran yang nyata yang diawali dengan membangun sebuah pemikiran sebagai dasar pengembangan selanjutnya
|
|
Publisher |
Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-02-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/11
|
|
Source |
MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 11, No 2 (2015); 150-167
2540-7732 1907-3453 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/11/11
10.33754/miyah.v11i2.11.g11 |
|
Rights |
Copyright (c) 2017 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|