Record Details

Aktualisasi Pemasaran Syariah

MIYAH : Jurnal Studi Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Aktualisasi Pemasaran Syariah
 
Creator Khunaifi, Aang
 
Description Perkembangan ekonomi global telah membuktikan betapa strenghtnya konsep ekonomi Islam, khususnya dalam sektor keuangan. Krisis keuangan yang melanda negara-negara maju menunjukkan betapa sistem keuangan konvensional memiliki banyak titik kerapuhan sehingga rentan terhadap instabilitas pasar keuangan, sedangkan di saat bersamaan industri keuangan (perbankan) Islam tetap menunjukan kinerja yang stabil. Meskipun fakta krisis yang terjadi adalah di sektor keuangan, hal tersebut tetap bisa dibreakdown ke dalam kegiatan ekonomi sektor riil serta dalam berbagai kegiatan ekonomi lainnya.Jika diamati secara telogis ketahanan ekonomi Islam sudah tidak perlu diragukan karena sistem ekonomi Islam berasal dari wahyu yang mahasempurna. Namun yang perlu dieksplorasi adalah aksiologi ekonomi Islam untuk bisa dikaji secara deduktif sehingga bisa dijadikan sebuah aksi startegis bagi perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa potensi pasar ekonomi cukup tinggi, bahkan dalam perkembangan terkini kesadaran masyarakat dunia untuk bertransaksi secara Islami terus meningkat. Berbagai kajian dan penelitian di bidang ekonomi semakin memiliki daya tarik sekaligus dibutuhkan untuk menetapkan sebuah strategi yang efektif bagi pemasaran perusahaan.Berkaitan dengan hal tersebut, sebuah hasil survey yang menunjukkan tren konsumsi masyarakat muslim, khususnya middle class muslim menjadi sebuah momentum untuk mengkaji strategi pemasaran produk secara komprehensif. Tulisan ini dimaksudkan memberikan sebuah wawasan berdasarkan hasil eksplorasi pengamatan fakta dan library studies  mengenai konsep pemasaran syari’ah yang bisa diaktualisasikan dengan konteks pemasaran secara umum. Tulisan ini membahas beberapa poin antara lain: Masa depan pemasaran syari’ah; Kerangka konseptual pemasaran syari’ah; Aktualisasi pemasaran syari’ah dalam marketing mix (4P’s) dan extended marketing mix (3P’s), dan Bagaimana langkah merevitalisasi pemasaran syari’ah dalam realitas pemasaran saat ini.
 
Publisher Institut Keislaman Abdullah Faqih Gresik
 
Contributor
 
Date 2017-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/30
 
Source MIYAH : Jurnal Studi Islam; Vol 12, No 1 (2016); 52-71
2540-7732
1907-3453
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/miyah/article/view/30/30
10.33754/miyah.v12i1.30.g30
 
Rights Copyright (c) 2017 MIYAH : Jurnal Studi Islam
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0