Pengaruh Game Edukasi (Huruf Hijaiyah) Android terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok B RA. Darul Ulum Pacarkeling Kejayan Kabupaten Pasuruan
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Game Edukasi (Huruf Hijaiyah) Android terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok B RA. Darul Ulum Pacarkeling Kejayan Kabupaten Pasuruan
|
|
Creator |
Karimah, Himmatul
Muhsinin, Muhsinin |
|
Description |
Game edukasi sangat menarik untuk dipilih sebagai media pembelajaran. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi (huruf hijaiyah) android terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini RA. Darul ulum pacarkeling kejayan pasuruan. Dalam peneltian ini sample sebanyak 18 anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Eksperimen (dengan menggunakan game edukasi) dan kekompok kontrol (tanpa menggunakan game edukasi). Penilaian dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini diperoleh data penilaian berdistribusi normal, sehingga digunakan analisis statistik Parametrik. Uji statistik parametik yang digunakan Paired t Test. dengan dibantu menggunakan aplikasi IBM SPSS 21.0. berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai sig Kelas Eksperiman sebesar 0.00 dan kelas Kontrol nilai sig Sebesar 0.05. Ho diterima karena nilai sig < 0.05. ini berarti bahwa game edukasi android berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini di RA Darul Sromo barat Pacarkeling Kejayan Pasuruan.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2021-08-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/879
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 5 No 1 (2021): ISBN 978-623-95373-4-0; 202-208
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/879/619
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|