Record Details

Pengaruh Game Edukasi (Huruf Hijaiyah) Android terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok B RA. Darul Ulum Pacarkeling Kejayan Kabupaten Pasuruan

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Game Edukasi (Huruf Hijaiyah) Android terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok B RA. Darul Ulum Pacarkeling Kejayan Kabupaten Pasuruan
 
Creator Karimah, Himmatul
Muhsinin, Muhsinin
 
Description Game edukasi sangat menarik untuk dipilih sebagai media pembelajaran. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi (huruf hijaiyah) android terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini RA. Darul ulum pacarkeling kejayan pasuruan. Dalam peneltian ini sample sebanyak 18 anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Eksperimen (dengan menggunakan game edukasi) dan kekompok kontrol (tanpa menggunakan game edukasi). Penilaian dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini diperoleh data penilaian berdistribusi normal, sehingga digunakan analisis statistik Parametrik. Uji statistik parametik yang digunakan Paired t Test. dengan dibantu menggunakan aplikasi IBM SPSS 21.0. berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai sig Kelas Eksperiman sebesar 0.00 dan kelas Kontrol nilai sig Sebesar 0.05. Ho diterima karena nilai sig < 0.05. ini berarti bahwa game edukasi android berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini di RA Darul Sromo barat Pacarkeling Kejayan Pasuruan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2021-08-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/879
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 5 No 1 (2021): ISBN 978-623-95373-4-0; 202-208
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/879/619
 
Rights Copyright (c) 2021 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0