Record Details

Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga
 
Creator Fadilah, Fina Almas
Kurniawan, Heru
Ngilmiyah, Rofikoh
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengeksplorasi pola-pola pendidikan yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan karakter mandiri anak usia dini melalui berbagai kegiatan belajar. Di sini ditemukan lima pola penting pendidikan keluarga dalam mengembangkan karakter mandiri anak. Kelima pola itu adalah sebagai berikut: (1) pengembangan karakter mandiri anak usia dini melalui tanggung jawab yang diberikan orang tua pada anak dalam bentuk peran-peran tertentu yang harus dilakukan anak; (2) pengembangan karakter mandiri melalui persepsi fitrah yang menekankan pada pengkondisian lingkungan yang berkarakter; (3) pengembangan karakter mandiri anak usia dini melalui pemberian kebebasan pada anak dalam melakukan berbagai kegiatan; (4) pengembangan karakter mandiri melalui kagiatan pembiasaan, di mana.orang tua dengan sengaja memberikan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang memang akan mengembangkan karakter mandiri anak usia dini; dan (5) pengembangan karakter mandiri melalui motivasi orang tua yang secara aktif memberikan motivasi pada anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang mengembangkan karakter anak usia dini. Melalui kelma pola pendidikan keluarga inilah, orang tua berhasil mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini yang terepresentasikan dari sikap dan perbuatan anak setiap harinya.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2021-08-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/864
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 5 No 1 (2021): ISBN 978-623-95373-4-0; 123-135
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/864/609
 
Rights Copyright (c) 2021 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0