Record Details

Pengaruh Permainan Meronce terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B di RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun 2019

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Permainan Meronce terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B di RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun 2019
 
Creator Ranti, Sofia
Utsmani, M. Mujib
 
Description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan meronce terhadap perkembangan  motorik halus anak. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan menggunakan One-Group Pre-Test-Post-Test Designs. Populasi dari penelitian ini adalah anak kelompok Bdi RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun Pelajaran 2017-2018 sebanyak 10 anak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yang teknik pelaksanaanya dilakukan dengan mengambil semua anggota populasi untuk digunakan sebagai sampel. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi relatif kecil yakni kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan melalui lembar observasi tentang kegiatan meronce. Hasil peneliti dan dibantu dengan guru melakukan pengukuran awal (pre-test) yang bertujuan mengetahui kemampuan awal anak. Setelah perlakuan diberikan, peneliti melakukan pengukuran kembali (post-test) dengan mengunakan instrumen penelitian yang sama dengan instrumen terhadap pengukuran awal (pre-test) yaitu lembar observasi kegiatan meronce. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon dengan rumus z karena sampel yang digunakan 10. Terhadap analisis data ini diperoleh zhitung>ztabel (2,80>2,26), Sehingga h0 ditolak hal ini berarti bahwa kegiatan meronce memiliki hasil yang sigtifikan terhadap perkembangan motorik halus terhadap anak kelompok B RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan. Peningkatan perkembangan motorik halus anak ditunjukkan dengan kenaikan skor pemahaman anak kegiatan meronce setelah mengikuti kegiatan meronce kenaikan skor pemahaman kegiatan meronce terhadap setiap anak tidak sama. perbedaan ini dikarenakan oleh tingkat konsentrasi terhadap setiap anak berbeda sehingga informasi yang diterima setiap anak juga berbeda.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2019-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/405
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 382-391
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/405/377
 
Rights Copyright (c) 2019 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0