Pengaruh Mencocok terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun Pelajaran 2019
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Mencocok terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun Pelajaran 2019
|
|
Creator |
Hasanah, Uswatun
Rochanah, Luluk |
|
Description |
Tujuan penelitianini untuk mengetahui pengaruh mencocok terhadap perkembanganĀ motorik halus anak. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan menggunakan One-Group Pre-Test-Post-Test Designs. Populasi dari penelitian ini adalah anak di RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan Pasuruan Tahun Pelajaran 2017-2018 sebanyak 10 anak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh yang teknik pelaksanaanya dilakukan dengan mengambil semua anggota populasi untuk digunakan sebagai sampel.Hal ini dilakukan karena jumlah populasi relatif kecil yakni kurang dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan melalui lembar observasi tentang mencocok. Hasilpeneliti dan dibantu dengan guru melakukan pengukuran awal (pre-test) yang bertujuan mengetahui kemampuan awal anak. Setelah perlakuan diberikan, peneliti melakukan pengukuran kembali (post-test) dengan mengunakan instrumen penelitian yang sama dengan instrumen terhadap pengukuran awal (pre-test) yaitu lembar observasi mencocok. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon dengan rumus z karena sampel yang digunakan 10. Terhadap analisis data ini diperoleh zhitung>ztabelĀ (2,80>2,26), Sehingga h0 ditolak hal ini berarti bahwa mencocokmemiliki hasil yang sigtifikan terhadap perkembangan motorik halus terhadap anakĀ RA Darun Najah Desa Klangrong Kejayan. Peningkatan perkembangan motorik halus anak ditunjukkan dengan kenaikan skor pemahaman anak mencocok setelah mengikuti mencocok. Kenaikan skor pemahaman mencocok terhadap setiap anak tidak sama. perbedaan ini dikarenakan oleh tingkat konsentrasi terhadap setiap anak berbeda sehingga informasi yang diterima setiap anak juga berbeda.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2019-04-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/398
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 304-317
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/398/370
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|