Record Details

Pengaruh Kegiatan Meronce pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Miftahul Ulum I Karangpoh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Ajaran 2018-2019

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kegiatan Meronce pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Miftahul Ulum I Karangpoh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Ajaran 2018-2019
 
Creator Hanik, Umi
Rochanah, Luluk
 
Description penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan Meronce. Dari hasil observasi fisik motorik halus anak di RA.Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan belum berkembang dengan baik. Metode kualitatif adalh metode yang digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian adalah Anak kelompok A RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan yang berjumlah 25 anak . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat yang digunakan adalah lembar instrumen observasi.Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama pengumpulan data berlangsung dan berakhir hingga data yang dicari mencapai titik jenuh dan menemukan yang sesungguhnya dicari.
Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, menyimpulkan bahwa” metode meronce dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, Wonorejo, Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari Adanya peningkatan kemampuan motorik halus peserta didik, yang mana pada  penelitian awal  anak masih belum bisa meronce secara mandiri anak masih kebingungan memasukkan benang kedalam manic-manik atau sedotan. Setelah diadakan penelitian anak-anak sudah bisa meronce tanpa bantuan guru dan sangat antusias saat melakukan kegiatan meronce.hal ini sesuai dengan harapan guru dan peneliti.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2019-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/397
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 296-303
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/397/369
 
Rights Copyright (c) 2019 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0