Record Details

Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum I Karang Poh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kegiatan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok A di RA Miftahul Ulum I Karang Poh Kluwut Wonorejo Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019
 
Creator Wati, Nanik Inda
Rochanah, Luluk
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting. Fisik motorik halus anak kelompok A di RA.Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan belum berkembang dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah 25 anak didik RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lembar Instrument observasi adalah alat yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama pengumpulan data berlangsung dan berakhir hingga data yang dicari mencapai titik jenuh dan menemukan yang sesungguhnya dicari sesuai yang diungkapkan Miles dan hubermann.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dapat disimpukan bahwa ” metode finger painting dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di RA Miftahul Ulum I Karangpoh, kluwut, wonorejo, Pasuruan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak didik, dimana saat observasi penelitian awal dilakukan anak masih belum mau melakukan finger painting karena merasa jijik dan ragu-ragu, ada juga yang mau melakukan namun masih harus dengan bantuan guru atau peneliti hasil nya pun jauh dari kata rapi. Namun setelah diadakan penelitian untuk peningkatan motorik halus anak melalui finger painting anak-anak jadi antusias dan suka dengan kegiatan finger painting dan hasilnya sesuai dengan harapan guru dan peneliti.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2019-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/394
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 271-279
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/394/366
 
Rights Copyright (c) 2019 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0