Meningkatkan Pengetahuan Wawasan Lingkungan Hidup Melalui APE Berbahan Limbah di RA Anak Sholeh Baujeng
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Meningkatkan Pengetahuan Wawasan Lingkungan Hidup Melalui APE Berbahan Limbah di RA Anak Sholeh Baujeng
|
|
Creator |
Khoyriyah, Ismi
|
|
Description |
APE (alat permainan edukatif) adalah alat yang dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan,dengan menggunakan APE, maka seorang pendidik akan menemukan tujuan pengajaran yang diinginkan yakni ketika peserta didik sudah mampu dalam mencapaiĀ kegiatan pembelajaran di dalam kelas, maka APE berfungsi untuk membantu tujuan yang diinginkan tersebut, dan dari beberapa media yang ada, hanya satu media pembelajaran yakni APE berbahan limbah. Oleh karena itu, Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Bagaimana penerapan APE brbahan limbah di RA Anak Sholeh Baujeng. 2. Bagaimana Kelemahan dan kelebihan APE berbahan limbah. Maka dari dasar focus penelitian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penerapan APE berabahan limbah di RA Anak Sholeh 2. Mengetahui Kelemahan dan kelebihan APE berbahan limbah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang mana dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik trianggulasi data yang mempunyai tiga macam teknik yakni sumber, metode, dan teori. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka ditemukan hasil yang menyatakan bahwa, penerapan APE berbahan limbah ini dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan semangat pembelajaran anak di kelas, yang mana dari pembelajaran tersebut anak-anak mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari antusias anak-anak dan respon anak-anak ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Selain itu dapat juga dilihat dari nilai anak-anak yang meningkat pada saat melakukan evaluasi . Sedangkan kelemahan media APE berbahan limbah ini dapat dilihat dari penggunaan media ini apabila guru tidak bisa mngendalikan suasana di dalam kelas maka pembelajaran di dalam kelas kurang efektif atau maksimal.proses pembutan yang sangat lama, dan kurang simple dalam penyimpanannya, kelebihan media ini dapat di lihat dari keaktifan belajar anak dan nilai anak-anakĀ meningkat, dan mendidik anak-anak tentang kekreatifan dan penggunaan limbah. |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2019-04-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/388
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 4 No 1 (2019): Maret; 222-237
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/388/360
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|