Kontak Bahasa
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kontak Bahasa
|
|
Creator |
Sholihah, Rizki Amalia
|
|
Description |
Bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer dan konvensional yang digunakan sebagai alat komunikasi tentu saja membuat penggunanya melakukan kontak dengan bahasa. Dalam penggunaan bahasa saat komunikasi tak bisa dimungkiri terjadi beberapa peristiwa yang menyebabkan terdapat perubahan dalam bahasa asli. Perubahan tersebut menimbulkan pergeseran bahasa hingga pada punahnya bahasa asli diakibatkan oleh adanya kontak bahasa yang bersifat negatif. Lima peristiwa akibat kontak bahasa adalah 1) bilingualism (kedwibahasaan); 2) alih kode; 3) campur kode dan 4) interferensi; dan 5) integrasi. Bilingualisme (kedwibahasaan) adalah peristiwa ketika sorang pengguna bahasa menggunakan dua atau lebih bahasa dalam komunikasinya. Penggunaan lebih dari satu bahasa dalam komunikasi membuat penggunanya mengalami kerancuan dalam pemilihan kosa kata maupun kalimat yang digunakan. Alih kode dan campur kode pada dasarnya memiliki ciri yang sama, sehingga untuk membedakan keduanya tidaklah mudah. Interferensi dan integrasi sebenarnya memiliki sisi yang sama, yaitu bahwa keduanya merupakan gejala bahasa yang terjadi sebagai akibat adanya kontak bahasa. Integrasi dan interferensi memiliki persamaan-persamaan antara lain bahwa baik gejala interferensi maupun integrasi bisa terjadi pada keempat tataran kebahasaan yaitu fonologi, gramatika, kosakata, dan semantik.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-02-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/320
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 1 (2018): Seri-1; 361-376
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/320/305
|
|