Record Details

Kontak Bahasa

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kontak Bahasa
 
Creator Sholihah, Rizki Amalia
 
Description Bahasa sebagai sistem lambang bunyi yang arbitrer dan konvensional yang digunakan sebagai alat komunikasi tentu saja membuat penggunanya melakukan kontak dengan bahasa. Dalam penggunaan bahasa saat komunikasi tak bisa dimungkiri terjadi beberapa peristiwa yang menyebabkan terdapat perubahan dalam bahasa asli. Perubahan tersebut menimbulkan pergeseran bahasa hingga pada punahnya bahasa asli diakibatkan oleh adanya kontak bahasa yang bersifat negatif. Lima peristiwa akibat kontak bahasa adalah 1) bilingualism (kedwibahasaan); 2) alih kode; 3) campur kode dan 4) interferensi; dan 5) integrasi. Bilingualisme (kedwibahasaan) adalah peristiwa ketika sorang pengguna bahasa menggunakan dua atau lebih bahasa dalam komunikasinya. Penggunaan lebih dari satu bahasa dalam komunikasi membuat penggunanya mengalami kerancuan dalam pemilihan kosa kata maupun kalimat yang digunakan. Alih kode dan campur kode pada dasarnya memiliki ciri yang sama, sehingga untuk membedakan keduanya tidaklah mudah. Interferensi dan integrasi sebenarnya memiliki sisi yang sama, yaitu bahwa keduanya merupakan gejala bahasa yang terjadi sebagai akibat adanya kontak bahasa. Integrasi dan interferensi memiliki persamaan-persamaan antara lain bahwa baik gejala interferensi maupun integrasi bisa terjadi pada keempat tataran kebahasaan yaitu fonologi, gramatika, kosakata, dan semantik.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-02-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/320
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 1 (2018): Seri-1; 361-376
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/320/305