Record Details

Pengembangan Kompetensi Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Tematik

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan Kompetensi Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Tematik
 
Creator Nadhifah, Nadhifah
 
Description Penilaian kompetensi sikap spiritual dan sosial dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur nilai-nilai atau pandangan hidup yang diperoleh oleh peserta didik sebagai hasil suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.
Berangkat dari latar belakang di depan, kurikulum 2013 pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Mojokerto sudah diimplementasikan sejak tahun ajaran 2014/2015. Sehingga pengembangan kompetensi spiritual dan sosial dalam pembelajaran tematik MI Randuharjo Pungging Kabupaten Mojokerto menarik untuk diteliti dan dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengembangan Madrasah Ibtidaiyah lainnya. Sehingga proses dan model yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten  Mojokerto dapat dipublikasikan.
Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) Guru merencanakan pembelajaran tematik dengan merumuskan kompetensi spiritual dan kompetensi sosialdengan merencanakan daftar kegiatan yang harus dilakukan siswa selama di kelas dan di luar kelas sesuai dengan tema pembelajaran. (2) Guru melakukan penanaman moral kepada siswa melalui pembiasaan yang sudah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. (3) Guru melakukan pengevaluasian pembelajaran melalui penilaian individu dan teman sejawat. (4) Kekuatan perencanaan pemebelajran dan perumusan kompetensispiritual dan kompetensi sosial menjadikan pelaksanaan pembelajran yang dinamis dan sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran. Kelemahan pada pelaksanaan yang kurang dikondisikan dari penilaian terhadap individu yakni memiliki penilaian subyektif terhadap siswa.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/314
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 442-454
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/314/300
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0