Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (di RA Miftahul Ulum Ketangi)
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (di RA Miftahul Ulum Ketangi)
|
|
Creator |
Sutarmi, Sutarmi
|
|
Description |
Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Ketangi Lumbang Probolinggo? (2) Bagaimania kendala dalam pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di RA Miftahul Ulum Ketangi Probolinggo? Permasalahan terebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di RA Miftahul Ulum Ketangi Lumbang Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di RA Miftahul Ulum Ketangi. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di RA Miftahul Ulum Ketangi yang meliputi perencanaan kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD. |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-03-14
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/293
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 416-427
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/293/280
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|