Record Details

Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Sentra Kreativitas dan Seni melalui Permainan Plastisin Warna di RA/TK Kelompok B Abu Sofyan Tsaury Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Sentra Kreativitas dan Seni melalui Permainan Plastisin Warna di RA/TK Kelompok B Abu Sofyan Tsaury Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan
 
Creator Sukimah, Sukimah
 
Description Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B Semester Genap TKMasyitoh 02 Kawunganten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012” bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Masyitoh 02 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap.
Subyek penelitian  adalah anak kelompok B TK Masyitoh 02 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masingmasing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakananalisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat.
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain plastisin dari tanah liat dapat meningkatkan kreativitas pada siswa TK Masyitoh 02 kelompok B pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 23 siswa yang kreatif hanya 3 anak (13%), pada siklus I meningkat jadi 14 siswa (61%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 siswa (90%). Tindak lanjut untuk kedua anak yang belum berhasil, peneliti lebih optimal dalam membimbing, peneliti mengadakan home visit ke rumah siswa, peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/292
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 400-415
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/292/279
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0