Record Details

Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak pada Usia 3-5 Tahun di KB “Cahaya Ilmu“

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak pada Usia 3-5 Tahun di KB “Cahaya Ilmu“
 
Creator Putiha, Siti
 
Description Anak bukan dewasa dalam bentuk kecil, karena anak mempunyai sifat dan kebutuhan yang berbeda dengan orang dewasa. Peran orang tua sebagai pengasuh sangat besar terhadap perkembangan anak. pola asuh yaitu bagaimana orang tua mengontrol, membimbing, dan mendampingi anak-anaknya untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan yang menuju kedewasaan salah satu aspek perkembangan yang harus dipantau adalah perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik halus anak usia 3-5 tahun di KB Cahaya Ilmu Dsn. Ganti Ds. Sukolelo Kec. Prigen Kab. Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan studi kolerasi dengan pendekatan cross sectional sampel dalam penelitian ini adalah orang tua dan anaknya di KB Cahaya Ilmu Dsn. Ganti Ds. Sukolelo Kec. Prigen Kab. Pasuruan sebanyak 20 orang tua, tehnik sampling yang digunakan yaitu analisis data di lakukan dengan menggunakan kruskalwallis. Hasil penelitian di peroleh nilai volume sebesar 0,042 (P<0,05), hal ini berarti ada hubungan antara pola asuh orang tua dan perkembangan motorik anak usia 3-5 tahun.
Di sarankan untuk orang tua untuk menggunakan pola asuh yang sesuai dan memahami kondisi anak karena setiap anak berbeda-beda. Masih banyak orang tua yang menyamaratakan penerapan model pola asuh kepada semua anaknya karena pasti akan menuai pertentangan dari anak, keluh kesah serta hasilnya pun mengecewakan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/290
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 383-392
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/290/277
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0