Record Details

Penerapan Model Children Learning in Science (Clis) terhadap Pembenahan Miskonsepsi IPA di MI

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Children Learning in Science (Clis) terhadap Pembenahan Miskonsepsi IPA di MI
 
Creator Salamah, Umi
 
Description Beberapa kesulitan dalam pembelajaran IPA adalah rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi, hal ini disebabkan konsep awal yang dimiliki siswa sangat beragam, model yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang tepat, dan sangat rendahnya literasi sains siswa sehingga menyebabkan terjadinya miskonsepsi.
Kegiatan pembelajaran didominasi dengan penyampaian materi tanpa adanya praktik mengakibatkan siswa pasif, pembelajaran berlansung di dalam kelas, belum pernah menggunakan media. Penggunaan model CLIS berangkat dari pengetahuan awal siswa,melalui pengalaman langsung siswa diajak menemukan konsep, pembelajaran berpusat pada siswa dan meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model CLIS untuk membenahi miskonsepsi struktur tumbuhan pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Wajak-Malang.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/276
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 1 (2018): Seri-1; 270-274
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/276/265
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0