Record Details

Sintesa Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jawa

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Sintesa Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jawa
 
Creator Huda, Muhammad Muchlish
Ningrum, Ririn Tri Puspita
 
Description Pesantren dan Pendidikan Tinggi dalam konteks ke-Indonesiaan adalah potret dua tradisi pendidikan yang sama sekali berbeda. Pendidikan Tinggi merupakan gejala masyarakat kota sementara pesantren merupakan gejala masyarakat desa. Pendidikan Tinggi adalah gambaran mengenai tradisi baru yang formal modern, sementara pesantren adalah gambaran mengenai tradisi lama yang nonformal-konservatik. Pendidikan tinggi adalah blue print dari pendidikan yang liberal dan segala hal ihwal mengenai kemoderenan, sementara pesantren, identik dengan sikap konservatif dan sisi tradisionalisme nya. Terlepas dari itu semua, agaknya fenomena Pesantren yang memiliki lembaga Pendidikan Tinggi menarik untuk dicermati. Pertemuan dan kontak antara dua komunitas atau institusi yang berbeda seperti yang terjadi pada Pesantren Tebuireng Jombang yang berkontak dengan sistem pendidikan Formal dalam kerangka ilmu sosial akan melahirkan educational relationship yang menarik. Masalah utama yang menjadi pokok bahasan dalam ulasan ini adalah Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik. Melalui pendekatan kualitatif nautralistik ini, diharapkan dapat menampakkan dan memunculkan fakta-fakta empiris mengenai realitas sosial yang berlangsung di lapangan dengan tetap menampilkan banyak cerita yang idiosinkretis namun sebenarnya sangat penting untuk disimak dan dipertimbangkan. Pola kontak atau relasi yang terjadi antara dua lembaga tersebut bersifat asosiatif-integratif dan tergambarkan ke dalam tiga hal. Pertama, dari aspek kepemimpinan Pesantren Tebuireng Jombang. Kedua aspek integrasi kurikulum yang berlangsung di Pesantren Tebuireng dan Unhasy Jombang. Ketiga secara kelembagaan, relasi yang terbangun antara pesantren Tebuireng Jombang dengan Unhasy Jombang di satu sisi melahirkan corak kemoderenan dan kemutakhiran di pesantren Tebuireng itu sendiri sehingga jauh dari gambaran pesantren yang konvensional, kolot dan mengalami kemandegan berfikir.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-02-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/266
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 1 (2018): Seri-1; 165-183
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/266/256
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0