Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Media CD Interaktif pada Materi Aksara Jawa Siswa Kelas IV SD Widya Wiyata Sidoarjo
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Media CD Interaktif pada Materi Aksara Jawa Siswa Kelas IV SD Widya Wiyata Sidoarjo
|
|
Creator |
Rahaju, Sumartini
|
|
Description |
Masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran Bahasa Jawa adalah kurang berminatnya terhadap materi pembelajaran Aksara Jawa. Minat siswa rendah, apalagi jika metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca Aksara Jawa masih kurang menarik. Oleh karena itu perlu menciptakan suasana pengelolaan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat kemampuan kompetensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran dengan media CD interaktif sebagai media pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pengembangan Pendidikan (Educational Research & Development) menurut Borg, W.R. & Gall, M.D yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian dalam enam tahap pengembangan, yaitu (1) analisis teoretis dan praktis, (2) analisis kebutuhan guru dan siswa, (3) penyusunan prototipe, (4) uji ahli, (5) revisi prototipe, dan (6) uji penggunaan produk. Pelaksanaaan analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi data hasil uji ahli untuk menemukan kelemahan dan saran dari ahli atas media CD interaktif yang telah dibuat berdasarkan Kurikulum yang berlaku. Respons siswa terhadap pengembangan strategi pembelajaran dengan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, diperoleh hasil 56,5% responden sangat setuju, 41% setuju dan 2,5% tidak setuju. Manfaat pengembangan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, direspon baik dengan 43% menyatakan sangat setuju, 50,5% setuju dan 6,5% tidak setuju. Belajar dengan CD interaktif pembelajaran kompetensi membaca Aksara Jawa, direspon baik dengan 30% menyatakan sangat setuju, 65% setuju, dan 5% tidak setuju. Berdasarkan simpulan penelitian ini, hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif perbaikan pengembangan strategi pembelajaran sesuai dengan fasilitas yang disediakan sekolah. |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-02-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/264
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 1 (2018): Seri-1; 142-151
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/264/254
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|