Sintesa Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jawa
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Sintesa Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jawa
|
|
Creator |
Huda, Muhammad Muchlis
Ningrum, Ririn Tri Puspita |
|
Description |
Pesantren dan Pendidikan Tinggi dalam konteks ke-Indonesiaan adalah potret dua tradisi pendidikan yang sama sekali berbeda. Pendidikan Tinggi merupakan gejala masyarakat kota sementara pesantren merupakan gejala masyarakat desa. Pendidikan Tinggi adalah gambaran mengenai tradisi baru yang formal modern, sementara pesantren adalah gambaran mengenai tradisi lama yang nonformal-konservatik. Pendidikan tinggi adalah blue print dari pendidikan yang liberal dan segala hal ihwal mengenai kemoderenan, sementara pesantren, identik dengan sikap konservatif dan sisi tradisionalisme nya. Terlepas dari itu semua, agaknya fenomena Pesantren yang memiliki lembaga Pendidikan Tinggi menarik untuk dicermati. Pertemuan dan kontak antara dua komunitas atau institusi yang berbeda seperti yang terjadi pada Pesantren Tebuireng Jombang yang berkontak dengan sistem pendidikan Formal dalam kerangka ilmu sosial akan melahirkan educational relationship yang menarik. Masalah utama yang menjadi pokok bahasan dalam ulasan ini adalah Pesantren dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif naturalistik. Melalui pendekatan kualitatif nautralistik ini, diharapkan dapat menampakkan dan memunculkan fakta-fakta empiris mengenai realitas sosial yang berlangsung di lapangan dengan tetap menampilkan banyak cerita yang idiosinkretis namun sebenarnya sangat penting untuk disimak dan dipertimbangkan. Pola kontak atau relasi yang terjadi antara dua lembaga tersebut bersifat asosiatif-integratif dan tergambarkan ke dalam tiga hal. Pertama, dari aspek kepemimpinan Pesantren Tebuireng Jombang. Kedua aspek integrasi kurikulum yang berlangsung di Pesantren Tebuireng dan Unhasy Jombang. Ketiga secara kelembagaan, relasi yang terbangun antara pesantren Tebuireng Jombang dengan Unhasy Jombang di satu sisi melahirkan corak kemoderenan dan kemutakhiran di pesantren Tebuireng itu sendiri sehingga jauh dari gambaran pesantren yang konvensional, kolot dan mengalami kemandegan berfikir.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-04-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/230
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 302-320
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/230/212
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|