Record Details

Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggunting dengan Media Kertas dan Daun pada Anak Usia Dini di Kelompok A di RA Miftahul Ulum II Lumbang

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggunting dengan Media Kertas dan Daun pada Anak Usia Dini di Kelompok A di RA Miftahul Ulum II Lumbang
 
Creator Nikma, Kholisotun
Fauzi, Rif'an
 
Description Masa usia dini merupakan masa bermain anak penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak usia dini dikelompok A DI RA MIFTAHUL ULUM II LUMBANG KABUPATEN PASURUAN. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yangdilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok Adi RA MIFTAHUL ULUM II yang berjumlah 20 anak. Penelitian dilaksanakanpadasemester II tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan datayang digunakandalam penelitian ini adalah observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakanlembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dankuantitatif. Peningkatan kemampuan motorik halus dikatakan berhasil apabilapersentase kemampuan motorik halus anak mencapai 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian keterampilan motorik halus Pra Tindakan kriteria kurangbaik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 47.3%. Hasilpenelitian Siklus I kriteria cukup dengan nilai rata-rata keterampilan motorikhalus sebesar 62.2%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I telah berhasilmeningkatkan keterampilan motorik halus tetapi belum mencapai indikatorkeberhasilan sehingga diperlukan siklus selanjutnya. Hasil Siklus II pencapaiankriteria baik dengan nilai rata-rata keterampilan motorik halus sebesar 84.1%.
Peningkatan ini diperoleh melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) menyiapkan media dan alat yangdigunakan di kegiatan menggunting, (2) memberikan contoh cara menggunting sesuai pola gambar, (3) membagikan media dan alat yangdigunakan dalamkegiatan menggunting secara proporsional untuk setiap kelompok, (4) anak diperkenankan melakukan kegiatan menggunting dengan berbagai media sesuaidengan contoh yang diberikan oleh guru.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/193
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 233-245
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/193/174
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0