Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Ikan pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK PGRI XIII Prigen
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Ikan pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK PGRI XIII Prigen
|
|
Creator |
Sya'diyah, Halimatus
Dewi, Yuli Ani Setyo |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak untuk berhitung, anak dapat berfikir logis dan sistematis, dan memotivasi anak untuk mengenal bilangan dengan konsep yang benar yang berjumlah 16 sebagai penerima tindakan. Peneliti dan guru teman sejawat sebagai pemberi tindakan. Adapun obyek penelitian ini adalah kemampuan berhitung dan pembelajaran melalui permainan ikan. Data yang di kumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan berhitung anak dan data tentang pembelajaran guru dengan permainan ikan. Kedua data tersebut di kumpulkan melalui metode observasi. Hasil analisis menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung anak didik meningkat dengan menggunakan pembelajaran permainan ikan. Dalam proses pembelajaran menggunakan permainan ikan yakni dengan mengenalkan pada anak jenis permainan yang dibawakan oleh Ibu guru agar anak tertarik dengan permainan tersebut (permainan ikan dengan cara memancing) kemudian guru menjelaskan media yang dipakai yang terdiri dari media miniatur ember, alat pancing ikan tiruan, ikan tiruan , plastik dan sebagainya. Serta menjelaskan cara menggunakan alat pancing dan cara memancing ikan tersebut. Setelah penjelasan tersebut guru memberi kontrak belajar agar anak didik tidak bergurau sendiri sehingga proses pembelajaran menjadi kondusif. Dalam pembelajaran ini kendala yang dihadapi adalah kurang sabarnya anak didik dalam menunggu giliran pelaksanaan memancing karena minimnya alat peraga pembelajaran memancing ikan. Selain itu kurang sabarnya anak didik dalam proses memperoleh ikan dalam bak sehingga anak didik menjadi bergurau ketika proses pembelajaran. Dengan melihat kendala diatas guru mencari solusi dalam pembelajaran memancing ikan yakni dengan menambah alat peraga baik ikan dan mencari tempat ikan yang lebih besar sehingga ikan yang ditaruh bisa lebih banyak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa melalui permainan ikan dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK PGRI XIII Prigen Pasuruan Tahun Ajaran 2017 – 2018.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-03-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/192
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 228-232
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/192/173
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|