Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan
|
|
Creator |
Susilowati, Erik
Haji, Sun |
|
Description |
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama mengajar bahwa belum optimalnya penggunaan permainan edukasi (puzzle) di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang, mereka belum mampu memecahkan masalah sederhana, sehingga membuat anak menjadi lebih cepat bosan dan cenderung biasa-biasa saja dan kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang di berikan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di lakukan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest post-test design. Subjek penelitian ini adalah kelompok A usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data di peroleh melalui observasi dan instrument penelitian Teknik Analisis Data menggunakan metode statistic non parametric dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed Rank Test dalam program SPSS. Hasil penelitian Skor yang diambil dari sebelum dan sesudah diterapkan permainan puzzle perkembangan kognitif anak dari ke-18 siswa yang telah dilakukan penerapan permainan puzzle rata-rata skor atau nilai meningkat 0.95 Test Statistics di atas Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0, Karena nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.005 maka ada pengaruh yang signifikan perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah penerapan permainan puzzle. |
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-03-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/189
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 201-208
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/189/170
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|