Record Details

Pengaruh Kegiatan Out Door Estafet Air terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kegiatan Out Door Estafet Air terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun
 
Creator Mukarromah, Dewi
Dewi, Yuli Ani Setyo
 
Description Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak dan mengetahui pengaruh kegiatan out door terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-6 tahun di ra riyadlotul uqul selotambak kraton pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan di RA Riyadlotul Uqul Selotambak Kraton Pasuruan dan waktu penelitian dilakukan pada bulan November 2017. Berdasarkan pendapat diatas, populasi adalah sekumpulan individu dengan kualitas dan karakter yang di tentukan baik berupa orang, benda atau suatu hal yang di dalamnya bisa diperoleh data atau informasi dalam penelitian. Adapun sampel dari penelitian ini anak didik usia 4-6 tahun di RA Riyadlotul Uqul selotambak Kraton Paasuruan yang berjumlah 45 anak. Pendekatan analisis kuantitatif terdiri atas perumusan masalah, menyusun model, mendapatkan data, mencari solusi, menganalisis hasil dan menginterprestasikan hasil. Dapat dilihat bahwa kondisi awal anak sebelum adanya tindakan menunjukkan kemampuan Sosial emosional pada anak menunjukkan bahwa 5 (12%) anak mampu melakukan kegiatan estafet air   dengan kerja sama, 3 (6%) anak mampu bermain estafet air dengan kompak dan 8 (18%) anak mampu bermain dengan tenang. Setelah melakukan pratindakan dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Pada kemampuan sosial emosional kemandirian siklus I 24 (53%) anak mampu bermain dengan kerja sama pada siklus II meningkat menjadi 42 (94%) anak mampu kerja sama bermain estafet air. Pada kemampuan sosial emosional 24 (53%) anak mampu bermain dengan kompak, pada siklus II meningkat menjadi 42 (94%) anak mampu bermain dengan kompak. Pada kemampuan sosial emosional 42 (53%) anak dapat bermain estafet air dengan tenang pada siklus II meningkat 45 (100%) anak mampu melempar dengan tenang. Sehingga kegiatan pembelajaran sosial emosional dikatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/188
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 192-200
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/188/169
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0