Record Details

Hubungan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di RA Miftahul Ulum Wonorejo Pasuruan

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Media Pembelajaran Puzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di RA Miftahul Ulum Wonorejo Pasuruan
 
Creator Choiriyah, Choiriyah
Dewi, Yuli Ani Setyo
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di RA Miftahul Ulum Wonorejo.  Media merupakan salah satu komponen proses belajar mengajar yang mempunyai fungsi yang sangat penting disekolah. Media disebut juga alat peraga atau audio visual aid. Alat peraga ini dalam penggunaanya ada yang langsung ada dan yang tidak langsung. Bermain adalah sarana melatih keterampilan yang dibutuhkan anak untuk menjadi individual yang kompeten, memberi kesenangan dan mengembangkan imajinasi anak spontan dan tanpa beban. Melalui bermain anak dapat memuaskan tuntutan dan kebutuhan perkembangan dimensi motorik, kognitif, kreatifitas, bahasa, emosional, sosial, nilai dan sikap hidup. Bermain sangat  bermanfaat bagi perkembangan  otak anak.  Bermain yang melatih penglihatan dan motorik anak seperti bermain Puzzle. Dalam bermain puzzle anak dapat memahami bentuk dan ukuran mana yang tepat untuk disatukan dengan potongan lainnya. Motivasi adalah pendorong seseorang untuk dapat melakukan sesuatu yang dikehendaki. Dalam motivasi dikenal motivasi instrinsik dan ekstrinsik.
Penelitian ini dilakukan pada kelompok B yang terdiri dari 20 siswa, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan di RA Miftahul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan menggunakan One-Group Pre-Test-Post-Test Designs. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain puzzle terbukti dapat memotivasi belajar pada siswa B di RA Miftahul Ulum Wonorejo Tahun Ajaran 2017-2018.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/187
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 178-191
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/187/168
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0