Record Details

Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK Ar-Rieza Dua Beji Pasuruan

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Permainan Tradisional Engklek terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK Ar-Rieza Dua Beji Pasuruan
 
Creator Salamah, Salamah
Miftahillah, Miftahillah
 
Description Penelitian ini mengangkat pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak TK usia 4-5 tahun, dimana masih banyak anak TK Ar-Rieza Dua Beji Pasuruan yang belum berkembang motorik kasarnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan nilai motorik kasar anak usia dini usia 4-5 tahun di TK Ar-Rieza Dua Beji Pasuruan. Sehingga para pendidik khususnya peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu regresi linier sederhana. Dimana peneliti dapat mengetahui pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak pada TK Ar-Rieza Dua Beji Pasuruan sebagai popolasi siswa usia 4-5 tahun dengan jumlah siswa 16 anak. Pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi dan dokumentasi yang dilengkapi dengan instrument yang berupa daftar checklist antara indikator dengan pencapaian perkembangan motorik kasar anak didik. Hasil penelitian menunjukan nilai kolerasi sebesar 0,860 yang artinya korelasi sangat kuat dan nilai uji hipotesis koefisien dengan nilai signifikan sebesar 0,02 < 0.05 yang artinya signifikan ada pengaruh permainan tradisonal engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Ar Rieza Dua Beji Pasuruan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/186
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 165-177
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/186/167
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0