Record Details

Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Ra Muslimat Islamiyah Gondang Wetan Pasuruan

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Bercerita untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Ra Muslimat Islamiyah Gondang Wetan Pasuruan
 
Creator Anggraeni, Gustin
Miftahillah, Miftahillah
 
Description Berdasarkan rendahnya kemampuan bahasa dalam menceritakan kembali isi cerita. Keberanian tampil di depan kelas, bercerita tentang gambar disediakan dan kelancaran bahasa dalam bercerita menunjukkan pembelajaran kurang optimal. RumusanĀ  masalah apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini usia 5-6 tahun di RA Muslimat Islamiyah Gondang Wetan Pasuruan. Tujuan untuk penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak usia dini usia 5-6 tahun di RA Muslimat Islamiyah Gondang Wetan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini usia 5-6 tahun sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan langsung terhadap kegiatan anak. Kesimpulan menunjukkan penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia dini usia 5-6 tahun di RA Muslimat Islamiyah Gondang Wetan Pasuruan, terbukti dari hasil yang diperoleh anak dilihat dari rata-rata hasil pengamatan anak siklus I mendapatkan bintang 2 dan meningkatkan lagi siklus II mendapatkan bintang 3 yang terus mengalami peningkatan.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/183
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 133-146
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/183/164
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0