Record Details

Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto
 
Creator Hidayanah, Nur
Supriyanto, Didik
 
Description Hampir semua orang harus mengenyam pendidikan. Sebab pendidikan tidak pernah terpisah dengan kehidupan manusia. Anak-anak menerima pendidikan dari orang tuanya dan manakala anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga mereka juga akan mendidik anak-anaknya. Begitu pula di sekolah dan di perguruan tinggi, para siswa dan mahasiswa dididik oleh guru dan dosen. Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, pengembangan semua potensi, kecakapan serta karakteristik pribadinya ke arah yang positif. Pendidikan berfungsi mengembangkan apa yang secara potensial dan aktual telah dimiliki peserta didik, sebab peserta didik bukanlah gelas kosong yang harus diisi dari luar.
Pada kegiatan belajar mengajar banyak siswa yang kehilangan semangat belajarnya. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya motivasi yang dimiliki siswa dalam belajar. Sekolah merupakan lembaga yang tepat untuk menghasilkan manusia yang berkompeten dan memiliki daya sains. Salah satunya yaitu motivasi siswa dalam belajar untuk mencapai pendidikan nasional.
Pada hakekatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam satuan pembelajaran. Guru sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar merupakan pemegang peran yang sangat penting. Guru bukan hanya sekedar penyampai materi saja, tetapi lebih dari itu guru dapat dikatakan sebagai sentral pembelajaran.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/182
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 120-132
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/182/163
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0