Record Details

Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Japanan Kemlagi Mojokerto

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Japanan Kemlagi Mojokerto
 
Creator Mujib, Fathul
Supriyanto, Didik
 
Description Artikel ini membahas tentang upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Kelas 4 melalui Model Problem Solving. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Kelas 4 penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Apakah model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan memahami soal cerita matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto?. 2) Bagaimana penerapan model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan memahami sol cerita pada matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto? 3) Bagaimana kemampuan memahami soal cerita pad matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto setelah penerapan model Problem Solving?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yag dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum, madrasah tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian dalam menerapkan model Prolem Solving datanya diperoleh dengan cara tes observasi dan kerja semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami soal cerita pada matematika, Penerapan model Problem Solving yaitu sebagai salah satu pendekatan yang menuntut guru untuk membantu siswa dalam belajar memecahkan masalah melalui pengalaman pembelajaran hands on yang artinya siswa berinteraksi langsung dengan masalah yang diberikan oleh guru. Model problem solving sangat cocok dengan soal cerita pada matematika, siswa diberikan suatu masalah dan siswa dapat menyelesaikannya dengan langkah-langkah model problem solving.
 
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-03-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/178
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 76-95
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/178/160
 
Rights Copyright (c) 2018 PROCEEDING: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0