Pengaruh Permainan Bola Bolling terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok A di RA Mambaul Huda Kenanten, Puri, Mojokerto
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Permainan Bola Bolling terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok A di RA Mambaul Huda Kenanten, Puri, Mojokerto
|
|
Creator |
Andriana, Eka Dwi
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui penerapan permainan boling pada anak kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2017-2018 di RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto. Subjek terteliti adalah anak kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2017-2018 RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto, sebanyak 11 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 16, 50 % kemampuan mengenal bilangan setelah diterapkan permainan bola gelinding (boling). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase kemampuan mengenal lambang bilangan pada siklus I sebesar 75,50% yaitu berada pada kriteria sedang menjadi 92.00% pada siklus II yang berada pada kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bola boling dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018.
|
|
Publisher |
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
|
|
Date |
2018-02-23
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/167
|
|
Source |
PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 11-20
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/167/152
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Proceedings: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education
|
|