Record Details

Pengaruh Permainan Bola Bolling terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok A di RA Mambaul Huda Kenanten, Puri, Mojokerto

PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Permainan Bola Bolling terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak Kelompok A di RA Mambaul Huda Kenanten, Puri, Mojokerto
 
Creator Andriana, Eka Dwi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui penerapan permainan boling pada anak kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2017-2018 di RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto.  Subjek terteliti adalah anak kelompok A Semester II Tahun Ajaran 2017-2018 RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto, sebanyak 11 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 16, 50 % kemampuan mengenal bilangan setelah diterapkan permainan bola gelinding (boling). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase kemampuan mengenal lambang bilangan pada siklus I sebesar 75,50% yaitu berada pada kriteria sedang menjadi 92.00% pada siklus II yang berada pada kriteria sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan bola boling dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A RA Mambaul Huda Kenanten Puri Mojokerto tahun pelajaran 2017/2018.
 
Publisher Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2018-02-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/167
 
Source PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education; Vol 3 No 2 (2018): Seri-2; 11-20
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/167/152
 
Rights Copyright (c) 2018 Proceedings: The 3rd Annual International Conference on Islamic Education