Upaya Meningkatkan Minat Siswa Dengan Model Pendampingan Belajar di Kelas IV MI Al Abror Pandansili
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Minat Siswa Dengan Model Pendampingan Belajar di Kelas IV MI Al Abror Pandansili
|
|
Creator |
Khoir, Misbahur
|
|
Description |
ABSTRAK Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Media kartu pecahan digunakan guru melalui sebuah permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili yang berjumlah 69 siswa, terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawacara, dokumentasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 65,7% sedangkan pada siklus II sebesar 94,5%. Selain ituminat siswa dalam belajar matematika khususnya materi pecahan juga meningkat. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar Matematika, Kartu Pecahan ABSTRAK Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili materi pecahan sederhana dengan menggunakan media kartu pecahan. Media kartu pecahan digunakan guru melalui sebuah permainan kartu pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili yang berjumlah 69 siswa, terdiri dari 34 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, wawacara, dokumentasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru, observasi siswa dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dengan menggunakan media kartu pecahan siswa kelas IV MI Al Abror Pandansili mengalami peningkatan pada materi pecahan sederhana. Peningkatan pada siklus I sebesar 65,7% sedangkan pada siklus II sebesar 94,5%. Selain ituminat siswa dalam belajar matematika khususnya materi pecahan juga meningkat. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar Matematika, Kartu Pecahan |
|
Publisher |
LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO
|
|
Date |
2021-11-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1050
|
|
Source |
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan; Vol 2 No 2 (2020): November; 222-229
2686-6234 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1050/657
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
|
|