Record Details

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ushul Fiqh melalui Perencanaan Sistem Pembelajaran di Madasah Ibtidaiyah (MI)

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ushul Fiqh melalui Perencanaan Sistem Pembelajaran di Madasah Ibtidaiyah (MI)
 
Creator Masyhadi, Masyhadi
 
Description Pelaksanaan Proses pembelajaran berisi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan kegiatan awal dari suatu proses, perencanaan ini berisi berbagai upaya dalam mempersiapkan apa yang akan dilaksanakan. Agar lebih mengetahui perencanaan system pembelajaran mata pelajaran ushul fiqh di Madrasah Ibtidaiyah (MI) diperlukan beberapa tahapan untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, perencanaan juga sangat penting dalam pelaksanaan peningkatan hasil mutu belajar siswa sehingga akan berhubungan dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptitf kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar yang disusun dalam kalimat. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil dalam penelitian ini dalam perencanaan dapat menolong pencapaian suatu sasaran secara lebih ekonomis, tepat waktu, dan memberi peluang untuk lebih dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran di MI. Secara garis besar, perencanaan pembelajaran di MI mencakup kegiatan merumuskan tujuan apa yang dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan, materi atau bahan apa yang disampaikan. Dengan demikian, dalam perencanaan system pembelajaran ini sebagai bahan, serta media/alat apa yang diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan hasil dan proses pembelajaran.
 
Publisher LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO
 
Date 2020-11-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/748
 
Source SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan; Vol 2 No 2 (2020): November; 139-154
2686-6234
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/748/566
 
Rights Copyright (c) 2020 SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan