Metode Pengembangan Pendidikan Islam
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Metode Pengembangan Pendidikan Islam
|
|
Creator |
Syahid, Nur
|
|
Description |
Pendidikan Islam adalah prinsip bahwa tidak ada satu metode yang paling ideal untuk semua tujuan pendidikan, semua ilmu dan mata pelajaran, semua tahap pertumbuhan dan perkembangan, semua taraf perkembangan dan kecerdasan, bagi semua guru dan pendidik, dan semua keadaan dan suasana yang meliputi proses kependidikan. Hasil dalam artikel ini bahwa Pendidikan Islam harus mampu menjadi produsen yang bekerja untuk mencetak insan yang sempurna, yang memiliki keseimbangan antara rasio, pengalaman inderawi, dan spiritual. Karenanya, seluruh potensi manusia yang meliputi: rasionalitas, empirisitas, dan spiritualitas, harus dikembangkan secara harmoni dengan porsi yang seimbang. Hal ini sesuai dengan visi pendidikan Islam yang seperti itu harus ditopang oleh perangkat pendidikan diantaranya tujuan yang kuat sebagai fondasi utama dalam pelaksanaan pendidikan serta metode-metode yang relevan dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik. Para tenaga pengajar tidak harus terlalu fokus pada transformasi ilmu pengetahuan. Aspek-aspek tingkah laku atau moralitas anak didik juga harus diperhatikan, sebagaimana mentalitas dan kebugaran jasmani mereka juga penting.
|
|
Publisher |
LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO
|
|
Date |
2020-11-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/742
|
|
Source |
SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan; Vol 2 No 2 (2020): November; 127-138
2686-6234 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/742/565
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
|
|