Record Details

Pendampingan Komunitas Sekolah Berbasis Go Green melalui Tanaman Hidroponik dan Bank Sampah di MI At Taqwa Wotgalih

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendampingan Komunitas Sekolah Berbasis Go Green melalui Tanaman Hidroponik dan Bank Sampah di MI At Taqwa Wotgalih
 
Creator Fathoni, Fathoni
 
Description Kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita saat ini,  Baik kita sadari maupun tidak kita sadari, ulah manusia yang sewena-wena terhadap alam, selama ini telah menimbulkan berbagai bencana alam yang serius terhadap kehidupan manusia sendiri. Seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya. Dan masalah utama yang di hadapi sekarang ini adalah pemanasan global (global warming), hal ini disebabkan berkurangnya ruang yang di tumbuhi tumbuhan tumbuhan, baik pohon pohon besar maupun tanaman yang bermanfaat untuk kehidupan sehari hari. Untuk menaggulangi bencana alam yang sudah dialami, selain berserah diri pada tuhan, tentu saja kita perlu melakukan upaya penyadaran agar manusia makin ramah lingkungan. Disinilah Konsep go green school hadir dan sangat penting di implementasikan di MI At taqwa Wotgalih. Konsep goo geren school sangat penting untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan. Di sekolah, proses pembelajaran di upayakan mengarah pada pembentukan karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan melalui model pembelajaran tertentu. Potensi internal sekolah seperti ketersediaan lahan, sumber daya air, energi, bentang alam, tradisi masyarakat sekitar, menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mendukung program go green school ini. Implementasi go green school di lakukan dalam tiga langkah strategis. Yaitu, pertama bidang kulikuler, melalui pembelajaran lingkungan hidup yang disusaikan dengan mata pelajaran yang ada. Kedua bidang ekstrakurikuler, yaitu melalui pembentukan karakter kepedulian siswa terhadap lingkungan dengan kegiatan penyuluhan lingkungan dan lomba karya lingkungan. Ketiga, melalui pemanfaatan linkungan sekolah, menjadi laboratoruim alam seperti kebun sayur dan tanaman obat obatan. Selain itu pengelolaan lingkungan sosial juga sangat penting untuk mengembangkan kebiasaan perilaku siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan.
 
Publisher LP3M STITNU AL HIKMAH MOJOKERTO
 
Date 2019-11-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/567
 
Source SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan; Vol 1 No 1 (2019): November; 221-238
2686-6234
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/567/476
 
Rights Copyright (c) 2019 SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan