Record Details

Religiusitas Dan Perilaku Konsumsi Perspektif Islam (Studi Pada Masyarakat Perantau Madura)

ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Religiusitas Dan Perilaku Konsumsi Perspektif Islam (Studi Pada Masyarakat Perantau Madura)
 
Creator Hasan, Nurul Fatma
 
Description Tujuan penelitian ini adalah menganalisis representasi identitas keagamaan (religiusitas) dalam perilaku konsumsi masyarakat perantau Madura kemudian menganalisis perilaku konsumsi masyarakat perantau Madura tersebut berdasarkan perspektif Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif berangkat dari fenomena yang ditemukan di lapangan kemudian dikembangkan pemahaman secara mendalam, alamiah, melibatkan konteks secara penuh, dan data dikumpulkan langsung dari informan langsung. Informan yang diambil adalah masyarakat perantau asal Desa Panyaksagan, Bangkalan, Madura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas masyarakat etnis Madura telah dikenal luas berpegang teguh pada tradisi dan ajaran Islam dalam menapak realitas kehidupan sosial budayanya. Namun representasi religiusitas (identitas keagamaan) ini belum sepenuhnya diterapkan dalam perilaku konsumsi masyarakat perantau Madura. Perilaku konsumsi masyarakat perantau Madura adakalanya belum sesuai dengan prinsip Islam. Perilaku konsumsi yang seharusnya didominasi oleh motif maslahah, kebutuhan, dan kewajiban terkadang masih dipengaruhi oleh ego, rasionalisme (materialisme), dan keinginan-keinganan yang bersifat individualistis.
 
Kata kunci: religiusitas, perilaku konsumsi.
 
Publisher LP3M STITNU Al Hikmah Mojokerto
 
Date 2019-05-18
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/429
 
Source ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah; Vol 1 No 1 (2018): April; 60-78
2622-6502
2622-6936
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/429/396
 
Rights Copyright (c) 2019 ACTIVA: Jurnal Ekonomi Syariah