Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa
|
|
Creator |
Karomah, Yuly Sakinatul
Widiyono, Aan |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV di SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan correlational research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Menganti yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan pola asuh orang tua lebih dominan pada pola asuh permisif hal ini disebabkan nilai dari dimensi responsiveness lebih besar dibandingkan demandigness. 2) Kategori kecerdasan emosional siswa diantaranya memiliki kecerdasan emosi tinggi berjumlah 7 siswa atau sebesar 18,91%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi sedang berjumlah 24 siswa atau sebesar 64,86%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah berjumlah 6 siswa atau sebesar 16,21%. 3) Hasil pada Coefficients bahwa nilai thitung sejumlah 0,887 sedangkan ttabel sejumlah 0,681 yang mana disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022.
|
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2022-01-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1087
10.29062/seling.v8i1.1087 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 8 No 1 (2022): Januari 2022; 54-60
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v8i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1087/683
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|