Record Details

Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa
 
Creator Karomah, Yuly Sakinatul
Widiyono, Aan
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV di SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian menggunakan correlational research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Menganti yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan pola asuh orang tua lebih dominan pada pola asuh permisif hal ini disebabkan nilai dari dimensi responsiveness lebih besar dibandingkan demandigness. 2) Kategori kecerdasan emosional siswa diantaranya memiliki kecerdasan emosi tinggi berjumlah 7 siswa atau sebesar 18,91%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi sedang berjumlah 24 siswa atau sebesar 64,86%, siswa yang memiliki kecerdasan emosi rendah berjumlah 6 siswa atau sebesar 16,21%. 3) Hasil pada Coefficients bahwa nilai thitung sejumlah 0,887 sedangkan ttabel sejumlah 0,681 yang mana disimpulkan bahwa terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas IV SDN 1 Menganti tahun ajaran 2021/2022.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2022-01-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1087
10.29062/seling.v8i1.1087
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 8 No 1 (2022): Januari 2022; 54-60
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v8i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1087/683
 
Rights Copyright (c) 2022 SELING: Jurnal Program Studi PGRA