Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya
|
|
Creator |
Lilawati, Rr. Agustien
|
|
Description |
Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakam pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh agar dapat menemukan materi yang dipelajari serta menghubungkannya dengan kehidupan nyata sehingga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkan materi tersebut dalam kehidupan mereka. Perkembangan kognitif adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Rahmat Surabaya.Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap perkembangan kognitif anak TK B di TK Rahmat Surabaya.Pendekatan penelitian adalah kuantitatif model penelitian eksperimental, dimana peneliti memberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model CTL dan melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian teratment. Populasi penelitian ini sejumlah 44 anak, penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen model Quasi Ekperimental, dimana desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Penelitian ini menggunakan Non Equivalent Kontrol Grup Design, dimana kelompok eksperimen dan kelompok kontol tidak dipilih secara random (Sugiono, 2014) .Instrumen pengumpulan data menggunakan test dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh penggunaan model CTL terhadap perkembangan kognitif anak keolompok B di TK Rahmat Surabaya. Terbukti dari nilai thitung .453 > nilai ttabel 2.074 dengan signifikasi 0.002 < 0.05 oleh karenanya H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif antara sebelum dan sesudah penerapan metode CTL. |
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2021-07-14
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/831
10.29062/seling.v7i2.831 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 7 No 2 (2021): Juli 2021; 157-167
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v7i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/831/594
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|