Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak Kelompok B di TK Rahmat Surabaya
 
Creator Lilawati, Rr. Agustien
 
Description Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakam pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh agar dapat menemukan materi yang dipelajari serta menghubungkannya dengan kehidupan nyata sehingga dapat mendorong siswa untuk dapat menerapkan materi tersebut dalam kehidupan mereka. Perkembangan kognitif  adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu  apakah model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Rahmat Surabaya.Tujuan Penelitian  adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL terhadap perkembangan kognitif anak TK B di TK Rahmat Surabaya.Pendekatan penelitian adalah kuantitatif model penelitian eksperimental, dimana peneliti memberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model CTL dan melakukan observasi dalam kegiatan pembelajaran serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian teratment. Populasi penelitian ini sejumlah 44 anak, penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen model Quasi Ekperimental, dimana desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang mempengaruhi eksperimen. Penelitian ini menggunakan Non Equivalent Kontrol Grup Design, dimana kelompok eksperimen dan kelompok kontol tidak dipilih secara random (Sugiono, 2014) .Instrumen pengumpulan data menggunakan test dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t).
 Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh penggunaan  model CTL terhadap          perkembangan kognitif anak keolompok B di TK Rahmat Surabaya. Terbukti dari                  nilai thitung .453 > nilai ttabel 2.074 dengan signifikasi 0.002 < 0.05 oleh karenanya         H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan kognitif          antara sebelum dan sesudah penerapan metode CTL.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2021-07-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/831
10.29062/seling.v7i2.831
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 7 No 2 (2021): Juli 2021; 157-167
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/831/594
 
Rights Copyright (c) 2021 SELING: Jurnal Program Studi PGRA