Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan
|
|
Creator |
Leda, Rosalia
Rato, Karolus Wulla |
|
Description |
Kemampuan grafofonemik (bunyi dan bentuk) dalam hal ini mengenal huruf (fonem) vokal dan konsonan pada anak TK B menjadi hal yang penting untuk dikembangkan dan distimulasi sehingga anak dapat mengenal, melafalkan dan membedakan bunyi dan bentuk huruf dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan dan pemanfaatan salah satu media pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keefektifan media video untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak TK B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain Pre-Test Post-Test Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Tunas Harapan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pre-test dan post-test. Penentuan keefektifan media yang digunakan diuji dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video efektif untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak yang ditunjukkan oleh mean sebesar 80.5338.
|
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2021-07-14
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/830
10.29062/seling.v7i2.830 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 7 No 2 (2021): Juli 2021; 142-156
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v7i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/830/593
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|