Record Details

Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Grafofonemik Anak TK B di TK Tunas Harapan
 
Creator Leda, Rosalia
Rato, Karolus Wulla
 
Description Kemampuan grafofonemik (bunyi dan bentuk) dalam hal ini mengenal  huruf (fonem) vokal dan konsonan pada anak TK B menjadi hal yang penting untuk dikembangkan dan distimulasi sehingga anak dapat mengenal, melafalkan dan membedakan bunyi dan bentuk huruf dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan dan pemanfaatan salah satu media pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keefektifan media video untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak TK B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain Pre-Test Post-Test Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Tunas Harapan. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pre-test dan post-test. Penentuan keefektifan media yang digunakan diuji dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video efektif untuk meningkatkan kemampuan grafofonemik anak yang ditunjukkan oleh mean sebesar 80.5338.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2021-07-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/830
10.29062/seling.v7i2.830
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 7 No 2 (2021): Juli 2021; 142-156
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/830/593
 
Rights Copyright (c) 2021 SELING: Jurnal Program Studi PGRA