Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Melalui Outdoor Learning Terhadap Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Kecamatan Kenjeran Surabaya
 
Creator Ismawati, Putri
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains di Taman Kanak-kanak, 2) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap kreativitas di Taman Kanak-kanak, 3) pengaruh model pembelajaran sentra melalui outdoor learning terhadap perkembangan sains dan kreativitas di Taman Kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment dengan desain penelitian non equivalent control design. Penelitian ini dilakukan di kecamatan kenjeran Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 97 anak dari TK Aisyiyah 19 Bulak dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 kecamatan Kenjeran Surabaya. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kontrol dan eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji ANOVA dan MANOVA dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 256.894 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (2) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji ANOVA yang menunjukkan Fhitung sebesar 273.245 lebih besar dari pada Ftabel 3.09, (3) model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas, hal ini terbukti dari hasil uji MANOVA yang menunjukkan nilai signifikan sebesar Fhitung  sebesar 164.024 lebih besar dari pada Ftabel  3.09. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1)Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 2) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya, 3) Model pembelajaran sentra melalui outdoor learning berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan sains dan kreativitas anak kelompok B TK di Kecamatan Kenjeran Surabaya.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2019-01-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/363
10.29062/seling.v5i1.363
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 5 No 1 (2019): Januari 2019; 64-78
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v5i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/363/337
 
Rights Copyright (c) 2019 SELING: Jurnal Program Studi PGRA