Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris
|
|
Creator |
Riyadi, Ahmad Ali
|
|
Description |
Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problemproblem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama
|
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2018-04-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/243
10.29062/seling.v1i2.243 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 1 No 2 (2015): Juli; 117-127
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/243/231
|
|
Rights |
Copyright (c) 2015 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|