Record Details

Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Model Pembelajaran Pendidikan Islam Emansipatoris
 
Creator Riyadi, Ahmad Ali
 
Description Kajian ini mengkaji gagasan model pembelajaran pendidikan Islam Emansipatoris. Model pembelajaran ini menekankan kepada Islam sebagai agama yang mampu menghadirkan dimensi kemanusiaan. Wacana yang dikembangkan terjadi pergeseran paradigma, yaitu pergeseran tema yang mengalihkan perhatian pada pemahaman mateir pembelajaran agama yang bersifat teologis (teosentrisme) menuju pembelajaran yang bersifat riil     (antroposentrisme). Tema-tema yang diusung lebih menekankan tema-tema tentang Islam sebagai agama lewat penafsiran progresif terhadap problemproblem kemanusiaan kontemporer melalui penelusuran doktrin, sejarah dan kajian kontemporer untuk menemukan makna Islam yang mampu menjawab persoalan-persoalan kemanusiaan sebagai upaya kontekstualisasi pemahaman agama
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-04-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/243
10.29062/seling.v1i2.243
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 1 No 2 (2015): Juli; 117-127
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/243/231
 
Rights Copyright (c) 2015 SELING: Jurnal Program Studi PGRA