Record Details

Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan
 
Creator Farihah, Himmatul
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil dengan cara mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak serta memotivasi anak untuk senang  belajar terutama dalam pembelajaran melalui metode bercerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun  urutan kegiatan  penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi,  dan  (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bercerita dengan gambar seri di kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan dalam dua siklus, secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah disusun dan dilakukan disetiap siklusnya. Kedua, peningkatan kemampuan bahasa verbal terlihat dari antusias siswa dan hasil belajar pada saat pembelajaran, yaitu: (1) Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana, (2) Menceritakan pengalaman/kejadiana sederhana (3) Bercerita tentang gambar yang disediakan, mengurutkan gambar seri sederhana, dan (4) Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana (5) mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. Ini dapat diketahui melalui hasil observasi pra tindakan sebesar 42,30 %, pada siklus I meningkat sebesar 26,93% menjadi 69,23%, dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 23,07% menjadi 92,30%. Dari keseluruhan peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 50%.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-04-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/241
10.29062/seling.v1i2.241
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 1 No 2 (2015): Juli; 98-107
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/241/228
 
Rights Copyright (c) 2015 SELING: Jurnal Program Studi PGRA