Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penggunaan Metode Bercerita dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak di Kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan
|
|
Creator |
Farihah, Himmatul
|
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil dengan cara mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan gambar seri untuk meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak serta memotivasi anak untuk senang belajar terutama dalam pembelajaran melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan bersifat kualitatif dengan mengambil data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode bercerita dengan gambar seri di kelompok A TK Plus At Taqwa Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan yang dilaksanakan dalam dua siklus, secara keseluruhan pelaksanaan tindakan kelas berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah disusun dan dilakukan disetiap siklusnya. Kedua, peningkatan kemampuan bahasa verbal terlihat dari antusias siswa dan hasil belajar pada saat pembelajaran, yaitu: (1) Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana, (2) Menceritakan pengalaman/kejadiana sederhana (3) Bercerita tentang gambar yang disediakan, mengurutkan gambar seri sederhana, dan (4) Membaca gambar yang memiliki kata atau kalimat sederhana (5) mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana. Ini dapat diketahui melalui hasil observasi pra tindakan sebesar 42,30 %, pada siklus I meningkat sebesar 26,93% menjadi 69,23%, dan pada siklus II meningkat lagi sebesar 23,07% menjadi 92,30%. Dari keseluruhan peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum tindakan sampai siklus II sebesar 50%. |
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2018-04-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/241
10.29062/seling.v1i2.241 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 1 No 2 (2015): Juli; 98-107
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/241/228
|
|
Rights |
Copyright (c) 2015 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|