Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan
|
|
Creator |
Khoiullati, Khoiullati
Kholifah, Nur |
|
Description |
Keberhasilan orangtua dalam melakukan proses pembelajaran di rumah tidak lepas latar belakang pendidikan orang tua baik pendidikan formal, non formal mapun informal. Pengalaman melalui tripusat pendidikan tersebut merupakan kolaburasi antara personal orangtua murid RA dengan lembaga Pendidikan RA. Mengoptimalkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, maka proses pembelajaran harus dirancang dan disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan kerakteristik belajar anak. Anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembagannya terutama pada usia 2-6 tahun. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaran generalisasi dari simpulan penelitian ini adalah seluruh RA (usia 5-6 tahun) di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan sampelnya berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dengan SPSS 17. Hasil dari penelitian adalah terdapat korelasi antara Pendidikan Formal Orangtua (Coefficient Correlation 0,601>0,5) dan Usia (Coefficient Correlation 0,605>0,5) terhadap Perkembangan Kognitif Anak adalah positif, atau semakin tinggi pendidikan orang tua, maka menjadikan perkembangan kognitif anak cenderung semakin bagus. Demikian pula sebaliknya. Angka korelasi (Coefficient Correlation) menunjukkan kuatnya hubungan kedua variabel tersebut. Korelasi antara Pendidikan Formal Orangtua dan Usia terhadap Perkembangan Kognitif Anak adalah signifikan (Probabilitas 0,000 jauh lebih kecil daripada 0,05), yang berarti adanya hubungan yang benar-benar signifikan antara Pendidikan Formal Orangtua dan Perkembangan Kognitif Anak |
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2018-04-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/219
10.29062/seling.v2i1.219 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 2 No 1 (2016): Januari; 72-87
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/219/201
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|