Record Details

Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hubungan Pendidikan Formal dan Usia Orangtua Terhadap Kognitif Anak di Raudlatul Athfal Sunan Ampelarjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan
 
Creator Khoiullati, Khoiullati
Kholifah, Nur
 
Description Keberhasilan orangtua dalam melakukan proses pembelajaran di rumah tidak lepas latar belakang pendidikan orang tua baik pendidikan formal, non formal mapun informal. Pengalaman melalui tripusat pendidikan tersebut merupakan kolaburasi antara personal orangtua murid RA dengan lembaga Pendidikan RA. Mengoptimalkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, maka proses pembelajaran harus dirancang dan disesuaikan dengan tahapan perkembangan dan kerakteristik belajar anak. Anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengoptimalkan segala aspek perkembagannya terutama pada usia 2-6 tahun.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang menjadi sasaran generalisasi dari simpulan penelitian ini adalah seluruh RA (usia 5-6 tahun) di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan sampelnya berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dengan SPSS 17.
Hasil dari penelitian adalah terdapat korelasi antara Pendidikan Formal  Orangtua (Coefficient Correlation 0,601>0,5) dan  Usia (Coefficient Correlation 0,605>0,5) terhadap Perkembangan Kognitif Anak  adalah positif, atau semakin tinggi pendidikan orang tua, maka menjadikan perkembangan kognitif anak  cenderung semakin bagus.  Demikian pula sebaliknya. Angka korelasi (Coefficient Correlation) menunjukkan kuatnya  hubungan kedua variabel tersebut. Korelasi antara Pendidikan Formal Orangtua dan Usia terhadap Perkembangan Kognitif Anak adalah signifikan (Probabilitas 0,000 jauh lebih kecil daripada 0,05), yang berarti adanya hubungan yang benar-benar signifikan antara Pendidikan Formal Orangtua  dan Perkembangan Kognitif Anak
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-04-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/219
10.29062/seling.v2i1.219
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 2 No 1 (2016): Januari; 72-87
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/219/201
 
Rights Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA