Record Details

Implementasi Pembiasaan Perilaku dalam Membentuk Nilai Agama Moral dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pembiasaan Perilaku dalam Membentuk Nilai Agama Moral dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo
 
Creator Azizah, Azizah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan mengenai (1) implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (2) peran warga sekolah dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (3) kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional (4) solusi mengatasi kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis berupa studi kasus. Lokasi penelitian di TK Negeri Pembina Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability dan confirmability. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, paparan data dan menarik kesimpulan.Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional anak di TK Negeri Pembina Sedati Sidoarjo dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan kegiatan terprogram. Peran warga sekolah dalam implementasi pembiasaan perilaku dalam menumbuhkan nilai agama moral dan sosial emosional: (1) kepala sekolah: memberi keteladanan, mengadakan evaluasi penyelenggaraan kegiatan sekolah (2) guru: sebagai pengajar, pendidik serta memberi keteladanan (3) anak: sikap ceria anak ketika  ada di lingkungan sekolah  (4) orang tua: sikap kepatuhan orang tua dalam mentaati tata tertib yang sudah disepakati dan aktif menghadiri undangan sekolah. Kendala dalam implementasi pembiasaan perilaku adalah keterbatasan kemampuan guru dalam memahami karakteristik anak, keterbatasan pengawasan guru dan perbedaan persepsi tentang konsep pendidikan anak usia dini antara di sekolah dan di rumah. Implementasi pembiasaan perilaku selayaknya disosialisasikan secara terus menerus sehingga semua warga sekolah disarankan untuk aktif dalam mengimplementasikan pembiasaan perilaku dan memiliki komitmen untuk membangun karakter positif anak.
 
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-04-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/213
10.29062/seling.v2i1.213
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 2 No 1 (2016): Januari; 9-20
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/213/195
 
Rights Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA