Record Details

Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Melalui Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Melalui Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf
 
Creator Mahmud, Moh.
 
Description Abstrak: Menulis adalah keterampilan berbahasa yang dimiliki dan digunakan manusia sebagai alat komunikasi secara tidak langsung yang memiliki tahapan proses penulisannya dan menjadikan seseorang mendapat kesuksesan dalam membuat tulisan, proses melukiskan lambang-lambang yang dapat dipahami dan melahirkan pikiran atau gagasan dengan penggunaan bahasa secara ekspresif berdasarkan kreativitas (seperti mengarang, membuat surat). Argumentasi berarti mengemukakan masalah dengan mengambil sikap yang pasti untuk mengungkapkan segala kesungguhan intelektualnya, bukan sekedar mana suka atau perdebatan emosional. Experiential learning adalah proses belajar, proses perubahan yang menggunakan pengalaman sebagai media belajar atau pembelajaran bukan hanya materi yang bersumber dari buku dan pendidik. Suatu pendekatan yang dipusatkan pada peserta didik yang dimulai dengan landasan pemikiran bahwa orang-orang belajar terbaik itu dari pengalaman. Terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) melalui media gambar terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat diketahui dari skor rata-rata saat pretest dan postest menulis paragraf argumentasi kelas eksperimen. Skor rata-rata kelas eksperimen saat pretest sebesar 73,10 dan skor rata-rata saat postest 81,26. Artinya, terjadi peningkatan skor rata-rata kemampuan menulis paragraf argumentasi kelas eksperimen 8,16%. Keefektifan penerapan metode tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan. Hasil penghitungan bahwa t-hitung (th) adalah sebesar 10,106 dengan df 29. Kemudian, skot t-hitung dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan df 29. Hal ini menunjukkan bahwa skor t-hitung lebih besar daripada t-tabel (th=10,106 > tt= 2,045).
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2017-01-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/200
10.29062/seling.v3i1.200
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 3 No 1 (2017): Januari
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v3i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/200/182
 
Rights Copyright (c) 2017 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0