Record Details

Pembelajaran Sentra melalui Bermain Assosiative

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Sentra melalui Bermain Assosiative
 
Creator Putri, Gesa Kharisma
 
Description Kegiatan bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia dini, melalui bermainlah anak dapat belajar dengan baik. Banyak hal yang  dapat kita lihat pada saat kegiatan bermain, perubahan perkembangan anak dapat terlihat dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  inovasi pembelajaran sentra melalui bermain Assosiative terhadap perkembangan nilai-nilai moral agama anak kelompok B di lembaga TK Insan Cendekia dan TK Roudhlatul Jannah Sidoarjo. Pendekatan kuantitatif eksperimen pada penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent  Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Insan Cendekia Sidoarjo dengan jumlah subjek penelitian 28 anak dan TK Roudlatul Jannah dengan jumlah subjek penelitian 30 anak. Data penelitian didapat dengan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan  nilai-nilai moral agama. Pada penelitian ini, Analisis data dilakukan berbantuan SPSS dengan menggunakan uji (anova). Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 4,909.dengan tingkat signifikan (sig) 0,002 kurang dari 5%,. Hasil ini dijadikan dasar dalam  mengambil kesimpulan. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti menyimpulkan bahwa (1)  Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak kelompok B, (2) inovasi pembelajaran sentra melalui Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak  kelompok B. Selanjutnya disarankan kepada para guru Taman  Kanak-Kanak dalam  rangka meningkatkan perkembangan nilai-nilai moral agama anak dapat menggunakan jenis permainan Assosiative.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/154
10.29062/seling.v4i1.154
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 4 No 1 (2018): Januari; 30-43
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v4i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/154/134
 
Rights Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA