Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember
SELING: Jurnal Program Studi PGRA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember
|
|
Creator |
Dwi Gita, Rina Sugiarti
|
|
Description |
Peningkatan pembelajaran Sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tumbuhan berbasis alam di Taman Kanak-kanak TK Ar-Rahim Jember masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kreativitas anak yang kurang berkembang dan rendahnya kemampuan sains berbasis alam yang diduga kurangnya metode bervariasi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan sains dengan pembelajaran yang cenderung membosankan sehingga anak tidak bersemangat di dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran sains melalui pengenalan bagian tumbuhan pada anak usia dini. Teknik pengambilan data menggunakan teknik analaisis data dengan rumus persentase. Lembaran observasi, Anak tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru, karena bahan yang digunakan hanya dari kertas warna dan memanfaatkan krayon saja, sehingga anak merasa jenuh dan kurang tertarik dalam melakukan kreativitas dengan baik. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran anak melalui pengenalan bagian dari tanaman. Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Ingin meningkatan pembelajaran sains Anak Usia Dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam; 2)ingin mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang diajarkan mulalui pendekatan melalui pembelajaran sains berbasis alam. Dalam penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan:1) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalanan bagian tanaman dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik kualitas proses maupun kualitas hasil, kualitas proses dapat dilihat dari peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus satu dan siklus dua. Begitu juga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua yang sangat siknifikan. 2) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagaian tanaman mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
|
|
Publisher |
Program Studi PGRA
|
|
Date |
2018-02-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139
10.29062/seling.v4i1.139 |
|
Source |
SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 4 No 1 (2018): Januari; 86-93
2528-083X 2540-8801 10.29062/seling.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139/142
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA
|
|