Record Details

Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember

SELING: Jurnal Program Studi PGRA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bagian Tanaman Berbasis Alam di TK Ar-Rahim Jember
 
Creator Dwi Gita, Rina Sugiarti
 
Description Peningkatan pembelajaran Sains anak usia dini melalui pengenalan bagian tumbuhan berbasis alam di Taman Kanak-kanak TK Ar-Rahim Jember masih jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kreativitas anak yang kurang berkembang dan rendahnya kemampuan sains berbasis alam yang diduga kurangnya metode bervariasi yang digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan sains dengan pembelajaran yang cenderung membosankan sehingga anak tidak bersemangat di dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran  sains melalui pengenalan bagian tumbuhan pada anak usia dini. Teknik pengambilan data menggunakan  teknik analaisis data dengan rumus persentase. Lembaran observasi, Anak tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru, karena bahan yang digunakan hanya dari kertas warna dan memanfaatkan krayon saja, sehingga anak merasa jenuh dan kurang tertarik dalam melakukan kreativitas dengan baik. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran anak melalui pengenalan bagian dari tanaman. Tujuan Penelitian ini adalah: 1)Ingin meningkatan pembelajaran sains Anak Usia Dini melalui pengenalan bagian tanaman berbasis alam; 2)ingin mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa yang diajarkan mulalui pendekatan melalui pembelajaran sains berbasis alam. Dalam penelitian ini  menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data  dapat disimpulkan:1) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalanan  bagian tanaman dapat meningkatkan  kualitas pembelajaran, baik kualitas proses maupun kualitas hasil, kualitas proses dapat dilihat dari peningkatan keaktifan  peserta didik dari siklus satu dan siklus dua. Begitu juga peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus kedua yang sangat siknifikan.  2) peningkatan pembelajaran sains anak usia dini melalui pengenalan bagaian tanaman mampu meningkatkan  kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.
 
Publisher Program Studi PGRA
 
Date 2018-02-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139
10.29062/seling.v4i1.139
 
Source SELING: Jurnal Program Studi PGRA; Vol 4 No 1 (2018): Januari; 86-93
2528-083X
2540-8801
10.29062/seling.v4i1
 
Language eng
 
Relation http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/139/142
 
Rights Copyright (c) 2018 SELING: Jurnal Program Studi PGRA